Jumat, 05 Agustus 2011

RPP Desain Grafis

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu              : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke   :1

Standard Kompetensi      :     Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar           :     Menu dasar Adobe Photoshop
Indikator                        :     Mampu mendeskripsikan setiap menu Adobe Photoshop

                                         
I.        Tujuan Pembelajaran                :
          Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
          Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
          Menu yang terdapat didalamnya.
II.       Materi Ajar              :
          - Pengertian Adobe Photoshop
          - Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
          - Lembar Kerja Adobe Photoshop
          - Seleksi objek
          - Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III.      Metode Pembelajaran      :
          Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV.      Langkah-langkah             :
          1.Kegiatan Awal
-       Menginformasikan materi ajar
-    Mencari referensi dari internet

2.Kegiatan Inti :
-       Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
-       Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
-       Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
-       Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V.      Alat/ bahan/ Sumber Belajar     :
-       Modul Adobe Photoshop
-       Internet (search engine)
Bahan                                      
-       Komputer
-       LCD
          -        Papan tulis


VI.      Penilaian                                 
- Penilaian Individual
       Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
       Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
       Kelengkapan tugas praktikum
       Hasil presentasi
       Keaktifan dalam menanggapi presentasi


- Lembar penilaian
Aspek           :    Kognitif
Indikator      :    a.  Mendiskripsikan pengertian  Adobe Photoshop
b.   Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
c.    Memberikan contoh
Kelas            :    X

No.
Nama
No. Soal
Skor
Keterangan
1
2
3





























Keterangan:
Aspek yang dinilai                        Skor maksimum
1   Jawaban kurang tepat                                     25
2   Jawaban lengkap tapi tidak benar                    50
3   Jawaban tidak lengkap tapi benar                    75
4   Jawaban lengkap dan benar                             100

2.2  Penilaian Afektif

LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek           :    Afektif
Indikator      :    a.  Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
b.   Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
c.    Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas            :    X

No
Aspek
Keterangan
Sl
Sr
Jr
Tp
1.             
 berusaha menyerahkan tepat waktu




2.             
 mengikuti pelajaran desain grafis




3.             
 tidak mengikuti pelajaran desain grafis




4.             
 merasa pelajaran ekonomi bermanfaat




5.             
bersaha memahami pelajaran desain grafis




6.             
 bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas




7.             
 selalu mendiskusikan materi




8.             
 berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis




9.             
berusaha mencari referensi di perpustakaan




10.          
 selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah




11.          
 selalu bertanya dalam diskusi




12.          
 selalu mengemukakan pendapat saat diskusi





Keterangan:
Aspek yang dinilai            Skor pernyataan positif           Skor maksimum
1 = Selalu                                     4                                          1
2 = Sering                                    3                                          2
3 = Jarang                                   2                                          3
4 = Tidak pernah                          1                                          4


    
    Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah



Drs. H. MUSOLI HARIS                                                  AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006                                      


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu              : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke   :2

Standard Kompetensi          :     Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar               :     Menu dasar Adobe Photoshop
Indikator                            :     Mampu menginstall dan merawat software Adobe Photoshop



                                        
I.        Tujuan Pembelajaran                :
          Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
          Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
          Menu yang terdapat didalamnya.
II.       Materi Ajar              :
          - Pengertian Adobe Photoshop
          - Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
          - Lembar Kerja Adobe Photoshop
          - Seleksi objek
          - Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III.      Metode Pembelajaran      :
          Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV.      Langkah-langkah             :
          1.Kegiatan Awal
-       Menginformasikan materi ajar
-    Mencari referensi dari internet

2.Kegiatan Inti :
-       Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
-       Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
-       Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
-       Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V.      Alat/ bahan/ Sumber Belajar     :
-       Modul Adobe Photoshop
-       Internet (search engine)
Bahan                                      
-       Komputer
-       LCD
          -        Papan tulis


VI.      Penilaian                                 
- Penilaian Individual
       Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
       Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
       Kelengkapan tugas praktikum
       Hasil presentasi
       Keaktifan dalam menanggapi presentasi


 Lembar penilaian
Aspek           :    Kognitif
Indikator      :    a.  Mendiskripsikan pengertian  Adobe Photoshop
d.   Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
e.   Memberikan contoh
Kelas            :    X

No.
Nama
No. Soal
Skor
Keterangan
1
2
3





























Keterangan:
Aspek yang dinilai                        Skor maksimum
1   Jawaban kurang tepat                                     25
2   Jawaban lengkap tapi tidak benar                    50
3   Jawaban tidak lengkap tapi benar                    75
4   Jawaban lengkap dan benar                             100

2.2  Penilaian Afektif

LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek           :    Afektif
Indikator      :    a.  Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
d.   Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
e.   Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas            :    X

No
Aspek
Keterangan
Sl
Sr
Jr
Tp
1.             
 berusaha menyerahkan tepat waktu




2.             
 mengikuti pelajaran desain grafis




3.             
 tidak mengikuti pelajaran desain grafis




4.             
 merasa pelajaran ekonomi bermanfaat




5.             
bersaha memahami pelajaran desain grafis




6.             
 bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas




7.             
 selalu mendiskusikan materi




8.             
 berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis




9.             
berusaha mencari referensi di perpustakaan




10.          
 selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah




11.          
 selalu bertanya dalam diskusi




12.          
 selalu mengemukakan pendapat saat diskusi





Keterangan:
Aspek yang dinilai            Skor pernyataan positif           Skor maksimum
1 = Selalu                                     4                                          1
2 = Sering                                    3                                          2
3 = Jarang                                   2                                          3
4 = Tidak pernah                          1                                          4


    
    Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah



Drs. H. MUSOLI HARIS                                                  AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006                                      


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu              : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke   :3

Standard Kompetensi          :     Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar               :     Menu dasar Adobe Photoshop
Indikator                            :     Mengganti background foto.
                                              



                                        
I.        Tujuan Pembelajaran                :
          Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
          Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
          Menu yang terdapat didalamnya.
II.       Materi Ajar              :
          - Pengertian Adobe Photoshop
          - Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
          - Lembar Kerja Adobe Photoshop
          - Seleksi objek
          - Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III.      Metode Pembelajaran      :
          Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV.      Langkah-langkah             :
          1.Kegiatan Awal
-       Menginformasikan materi ajar
-    Mencari referensi dari internet

2.Kegiatan Inti :
-       Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
-       Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
-       Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
-       Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V.      Alat/ bahan/ Sumber Belajar     :
-       Modul Adobe Photoshop
-       Internet (search engine)
Bahan                                      
-       Komputer
-       LCD
          -        Papan tulis


VI.      Penilaian                                 
- Penilaian Individual
       Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
       Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
       Kelengkapan tugas praktikum
       Hasil presentasi
       Keaktifan dalam menanggapi presentasi


- Lembar penilaian
Aspek           :    Kognitif
Indikator      :    a.  Mendiskripsikan pengertian  Adobe Photoshop
f.     Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
g.    Memberikan contoh
Kelas            :    X

No.
Nama
No. Soal
Skor
Keterangan
1
2
3





























Keterangan:
Aspek yang dinilai                        Skor maksimum
1   Jawaban kurang tepat                                     25
2   Jawaban lengkap tapi tidak benar                    50
3   Jawaban tidak lengkap tapi benar                    75
4   Jawaban lengkap dan benar                             100

2.2  Penilaian Afektif

LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek           :    Afektif
Indikator      :    a.  Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
f.     Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
g.    Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas            :    X

No
Aspek
Keterangan
Sl
Sr
Jr
Tp
1.             
 berusaha menyerahkan tepat waktu




2.             
 mengikuti pelajaran desain grafis




3.             
 tidak mengikuti pelajaran desain grafis




4.             
 merasa pelajaran ekonomi bermanfaat




5.             
bersaha memahami pelajaran desain grafis




6.             
 bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas




7.             
 selalu mendiskusikan materi




8.             
 berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis




9.             
berusaha mencari referensi di perpustakaan




10.          
 selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah




11.          
 selalu bertanya dalam diskusi




12.          
 selalu mengemukakan pendapat saat diskusi





Keterangan:
Aspek yang dinilai            Skor pernyataan positif           Skor maksimum
1 = Selalu                                     4                                          1
2 = Sering                                    3                                          2
3 = Jarang                                   2                                          3
4 = Tidak pernah                          1                                          4


    
    Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah



Drs. H. MUSOLI HARIS                                                  AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006                                      


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu              : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke   :4

Standard Kompetensi          :     Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar               :     Menu dasar Adobe Photoshop
Indikator                            :     Merubah ukuran foto/gambar, termasuk tata letak.

                            
I.        Tujuan Pembelajaran                :
          Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
          Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
          Menu yang terdapat didalamnya.
II.       Materi Ajar              :
          - Pengertian Adobe Photoshop
          - Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
          - Lembar Kerja Adobe Photoshop
          - Seleksi objek
          - Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III.      Metode Pembelajaran      :
          Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV.      Langkah-langkah             :
          1.Kegiatan Awal
-       Menginformasikan materi ajar
-    Mencari referensi dari internet

2.Kegiatan Inti :
-       Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
-       Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
-       Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
-       Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V.      Alat/ bahan/ Sumber Belajar     :
-       Modul Adobe Photoshop
-       Internet (search engine)
Bahan                                      
-       Komputer
-       LCD
          -        Papan tulis


VI.      Penilaian                                 
- Penilaian Individual
       Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
       Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
       Kelengkapan tugas praktikum
       Hasil presentasi
       Keaktifan dalam menanggapi presentasi


- Lembar penilaian
Aspek           :    Kognitif
Indikator      :    a.  Mendiskripsikan pengertian  Adobe Photoshop
h.   Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
i.     Memberikan contoh
Kelas            :    X

No.
Nama
No. Soal
Skor
Keterangan
1
2
3





























Keterangan:
Aspek yang dinilai                        Skor maksimum
1   Jawaban kurang tepat                                     25
2   Jawaban lengkap tapi tidak benar                    50
3   Jawaban tidak lengkap tapi benar                    75
4   Jawaban lengkap dan benar                             100

2.2  Penilaian Afektif

LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek           :    Afektif
Indikator      :    a.  Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
h.   Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
i.     Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas            :    X

No
Aspek
Keterangan
Sl
Sr
Jr
Tp
1.             
 berusaha menyerahkan tepat waktu




2.             
 mengikuti pelajaran desain grafis




3.             
 tidak mengikuti pelajaran desain grafis




4.             
 merasa pelajaran ekonomi bermanfaat




5.             
bersaha memahami pelajaran desain grafis




6.             
 bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas




7.             
 selalu mendiskusikan materi




8.             
 berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis




9.             
berusaha mencari referensi di perpustakaan




10.          
 selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah




11.          
 selalu bertanya dalam diskusi




12.          
 selalu mengemukakan pendapat saat diskusi





Keterangan:
Aspek yang dinilai            Skor pernyataan positif           Skor maksimum
1 = Selalu                                     4                                          1
2 = Sering                                    3                                          2
3 = Jarang                                   2                                          3
4 = Tidak pernah                          1                                          4


    
    Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah



Drs. H. MUSOLI HARIS                                                  AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006                                      


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu              : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke   :5

Standard Kompetensi          :     Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar               :     Manipulasi dan Editing Foto.
Indikator                            :     Mencerahkan / Merubah pewarnaan pada gambar.
                                              


                                        
I.        Tujuan Pembelajaran                :
          Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
          Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
          Menu yang terdapat didalamnya.
II.       Materi Ajar              :
          - Pengertian Adobe Photoshop
          - Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
          - Lembar Kerja Adobe Photoshop
          - Seleksi objek
          - Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III.      Metode Pembelajaran      :
          Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV.      Langkah-langkah             :
          1.Kegiatan Awal
-       Menginformasikan materi ajar
-    Mencari referensi dari internet

2.Kegiatan Inti :
-       Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
-       Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
-       Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
-       Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V.      Alat/ bahan/ Sumber Belajar     :
-       Modul Adobe Photoshop
-       Internet (search engine)
Bahan                                      
-       Komputer
-       LCD
          -        Papan tulis


VI.      Penilaian                                 
- Penilaian Individual
       Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
       Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
       Kelengkapan tugas praktikum
       Hasil presentasi
       Keaktifan dalam menanggapi presentasi


- Lembar penilaian
Aspek           :    Kognitif
Indikator      :    a.  Mendiskripsikan pengertian  Adobe Photoshop
j.    Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
k.    Memberikan contoh
Kelas            :    X

No.
Nama
No. Soal
Skor
Keterangan
1
2
3





























Keterangan:
Aspek yang dinilai                        Skor maksimum
1   Jawaban kurang tepat                                     25
2   Jawaban lengkap tapi tidak benar                    50
3   Jawaban tidak lengkap tapi benar                    75
4   Jawaban lengkap dan benar                             100

2.2  Penilaian Afektif

LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek           :    Afektif
Indikator      :    a.  Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
j.    Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
k.    Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas            :    X

No
Aspek
Keterangan
Sl
Sr
Jr
Tp
1.             
 berusaha menyerahkan tepat waktu




2.             
 mengikuti pelajaran desain grafis




3.             
 tidak mengikuti pelajaran desain grafis




4.             
 merasa pelajaran ekonomi bermanfaat




5.             
bersaha memahami pelajaran desain grafis




6.             
 bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas




7.             
 selalu mendiskusikan materi




8.             
 berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis




9.             
berusaha mencari referensi di perpustakaan




10.          
 selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah




11.          
 selalu bertanya dalam diskusi




12.          
 selalu mengemukakan pendapat saat diskusi





Keterangan:
Aspek yang dinilai            Skor pernyataan positif           Skor maksimum
1 = Selalu                                     4                                          1
2 = Sering                                    3                                          2
3 = Jarang                                   2                                          3
4 = Tidak pernah                          1                                          4


    
    Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah



Drs. H. MUSOLI HARIS                                                  AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006                                      


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu              : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke   :6

Standard Kompetensi          :     Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar               :     Manipulasi dan Editing Foto.
Indikator                            :     Layer Style / Blending option


                       
I.        Tujuan Pembelajaran                :
          Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
          Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
          Menu yang terdapat didalamnya.
II.       Materi Ajar              :
          - Pengertian Adobe Photoshop
          - Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
          - Lembar Kerja Adobe Photoshop
          - Seleksi objek
          - Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III.      Metode Pembelajaran      :
          Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV.      Langkah-langkah             :
          1.Kegiatan Awal
-       Menginformasikan materi ajar
-    Mencari referensi dari internet

2.Kegiatan Inti :
-       Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
-       Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
-       Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
-       Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V.      Alat/ bahan/ Sumber Belajar     :
-       Modul Adobe Photoshop
-       Internet (search engine)
Bahan                                      
-       Komputer
-       LCD
          -        Papan tulis


VI.      Penilaian                                 
- Penilaian Individual
       Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
       Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
       Kelengkapan tugas praktikum
       Hasil presentasi
       Keaktifan dalam menanggapi presentasi






- Lembar penilaian
Aspek           :    Kognitif
Indikator      :    a.  Mendiskripsikan pengertian  Adobe Photoshop
l.     Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
m.  Memberikan contoh
Kelas            :    X

No.
Nama
No. Soal
Skor
Keterangan
1
2
3





























Keterangan:
Aspek yang dinilai                        Skor maksimum
1   Jawaban kurang tepat                                     25
2   Jawaban lengkap tapi tidak benar                    50
3   Jawaban tidak lengkap tapi benar                    75
4   Jawaban lengkap dan benar                             100

2.2  Penilaian Afektif

LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek           :    Afektif
Indikator      :    a.  Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
l.     Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
m.  Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas            :    X

No
Aspek
Keterangan
Sl
Sr
Jr
Tp
1.             
 berusaha menyerahkan tepat waktu




2.             
 mengikuti pelajaran desain grafis




3.             
 tidak mengikuti pelajaran desain grafis




4.             
 merasa pelajaran ekonomi bermanfaat




5.             
bersaha memahami pelajaran desain grafis




6.             
 bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas




7.             
 selalu mendiskusikan materi




8.             
 berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis




9.             
berusaha mencari referensi di perpustakaan




10.          
 selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah




11.          
 selalu bertanya dalam diskusi




12.          
 selalu mengemukakan pendapat saat diskusi





Keterangan:
Aspek yang dinilai            Skor pernyataan positif           Skor maksimum
1 = Selalu                                     4                                          1
2 = Sering                                    3                                          2
3 = Jarang                                   2                                          3
4 = Tidak pernah                          1                                          4


    
    Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah



Drs. H. MUSOLI HARIS                                                  AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006                                      


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu              : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke   :7

Standard Kompetensi          :     Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar               :     Manipulasi dan Editing Foto.
Indikator                            :     Variasi Teks




                                        
I.        Tujuan Pembelajaran                :
          Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
          Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
          Menu yang terdapat didalamnya.
II.       Materi Ajar              :
          - Pengertian Adobe Photoshop
          - Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
          - Lembar Kerja Adobe Photoshop
          - Seleksi objek
          - Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III.      Metode Pembelajaran      :
          Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV.      Langkah-langkah             :
          1.Kegiatan Awal
-       Menginformasikan materi ajar
-    Mencari referensi dari internet

2.Kegiatan Inti :
-       Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
-       Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
-       Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
-       Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V.      Alat/ bahan/ Sumber Belajar     :
-       Modul Adobe Photoshop
-       Internet (search engine)
Bahan                                      
-       Komputer
-       LCD
          -        Papan tulis


VI.      Penilaian                                 
- Penilaian Individual
       Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
       Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
       Kelengkapan tugas praktikum
       Hasil presentasi
       Keaktifan dalam menanggapi presentasi






- Lembar penilaian
Aspek           :    Kognitif
Indikator      :    a.  Mendiskripsikan pengertian  Adobe Photoshop
n.   Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
o.   Memberikan contoh
Kelas            :    X

No.
Nama
No. Soal
Skor
Keterangan
1
2
3





























Keterangan:
Aspek yang dinilai                        Skor maksimum
1   Jawaban kurang tepat                                     25
2   Jawaban lengkap tapi tidak benar                    50
3   Jawaban tidak lengkap tapi benar                    75
4   Jawaban lengkap dan benar                             100

2.2  Penilaian Afektif

LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek           :    Afektif
Indikator      :    a.  Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
n.   Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
o.   Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas            :    X

No
Aspek
Keterangan
Sl
Sr
Jr
Tp
1.             
 berusaha menyerahkan tepat waktu




2.             
 mengikuti pelajaran desain grafis




3.             
 tidak mengikuti pelajaran desain grafis




4.             
 merasa pelajaran ekonomi bermanfaat




5.             
bersaha memahami pelajaran desain grafis




6.             
 bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas




7.             
 selalu mendiskusikan materi




8.             
 berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis




9.             
berusaha mencari referensi di perpustakaan




10.          
 selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah




11.          
 selalu bertanya dalam diskusi




12.          
 selalu mengemukakan pendapat saat diskusi





Keterangan:
Aspek yang dinilai            Skor pernyataan positif           Skor maksimum
1 = Selalu                                     4                                          1
2 = Sering                                    3                                          2
3 = Jarang                                   2                                          3
4 = Tidak pernah                          1                                          4


    
    Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah



Drs. H. MUSOLI HARIS                                                  AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006                                      


0 komentar:

Posting Komentar