RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke :8
Standard Kompetensi : Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar : Manipulasi dan Editing Foto.
Indikator : Filter Effects
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
Menu yang terdapat didalamnya.
II. Materi Ajar :
- Pengertian Adobe Photoshop
- Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
- Lembar Kerja Adobe Photoshop
- Seleksi objek
- Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III. Metode Pembelajaran :
Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV. Langkah-langkah :
1.Kegiatan Awal
- Menginformasikan materi ajar
- Mencari referensi dari internet
2.Kegiatan Inti :
- Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
- Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
- Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
- Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V. Alat/ bahan/ Sumber Belajar :
- Modul Adobe Photoshop
- Internet (search engine)
Bahan
- Komputer
- LCD
- Papan tulis
VI. Penilaian
- Penilaian Individual
Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
Kelengkapan tugas praktikum
Hasil presentasi
Keaktifan dalam menanggapi presentasi
- Lembar penilaian
Aspek : Kognitif
Indikator : a. Mendiskripsikan pengertian Adobe Photoshop
p. Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
q. Memberikan contoh
Kelas : X
No. | Nama | No. Soal | Skor | Keterangan | ||
1 | 2 | 3 | ||||
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor maksimum
1 Jawaban kurang tepat 25
2 Jawaban lengkap tapi tidak benar 50
3 Jawaban tidak lengkap tapi benar 75
4 Jawaban lengkap dan benar 100
2.2 Penilaian Afektif
LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek : Afektif
Indikator : a. Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
p. Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
q. Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas : X
No | Aspek | Keterangan | |||
Sl | Sr | Jr | Tp | ||
1. | berusaha menyerahkan tepat waktu | ||||
2. | mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
3. | tidak mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
4. | merasa pelajaran ekonomi bermanfaat | ||||
5. | bersaha memahami pelajaran desain grafis | ||||
6. | bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas | ||||
7. | selalu mendiskusikan materi | ||||
8. | berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis | ||||
9. | berusaha mencari referensi di perpustakaan | ||||
10. | selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah | ||||
11. | selalu bertanya dalam diskusi | ||||
12. | selalu mengemukakan pendapat saat diskusi |
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor pernyataan positif Skor maksimum
1 = Selalu 4 1
2 = Sering 3 2
3 = Jarang 2 3
4 = Tidak pernah 1 4
Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah
Drs. H. MUSOLI HARIS AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke :9
Standard Kompetensi : Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar : Menu dasar Adobe Photoshop
Indikator : - Mampu mendeskripsikan setiap menu Adobe Photoshop
- Mampu menginstall dan merawat software Adobe Photoshop
- Mengganti background foto.
- Merubah ukuran foto/gambar, termasuk tata letak.
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
Menu yang terdapat didalamnya.
II. Materi Ajar :
- Pengertian Adobe Photoshop
- Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
- Lembar Kerja Adobe Photoshop
- Seleksi objek
- Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III. Metode Pembelajaran :
Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV. Langkah-langkah :
1.Kegiatan Awal
- Menginformasikan materi ajar
- Mencari referensi dari internet
2.Kegiatan Inti :
- Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
- Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
- Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
- Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V. Alat/ bahan/ Sumber Belajar :
- Modul Adobe Photoshop
- Internet (search engine)
Bahan
- Komputer
- LCD
- Papan tulis
VI. Penilaian
- Penilaian Individual
Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
Kelengkapan tugas praktikum
Hasil presentasi
Keaktifan dalam menanggapi presentasi
- Lembar penilaian
Aspek : Kognitif
Indikator : a. Mendiskripsikan pengertian Adobe Photoshop
r. Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
s. Memberikan contoh
Kelas : X
No. | Nama | No. Soal | Skor | Keterangan | ||
1 | 2 | 3 | ||||
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor maksimum
1 Jawaban kurang tepat 25
2 Jawaban lengkap tapi tidak benar 50
3 Jawaban tidak lengkap tapi benar 75
4 Jawaban lengkap dan benar 100
2.2 Penilaian Afektif
LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek : Afektif
Indikator : a. Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
r. Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
s. Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas : X
No | Aspek | Keterangan | |||
Sl | Sr | Jr | Tp | ||
1. | berusaha menyerahkan tepat waktu | ||||
2. | mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
3. | tidak mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
4. | merasa pelajaran ekonomi bermanfaat | ||||
5. | bersaha memahami pelajaran desain grafis | ||||
6. | bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas | ||||
7. | selalu mendiskusikan materi | ||||
8. | berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis | ||||
9. | berusaha mencari referensi di perpustakaan | ||||
10. | selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah | ||||
11. | selalu bertanya dalam diskusi | ||||
12. | selalu mengemukakan pendapat saat diskusi |
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor pernyataan positif Skor maksimum
1 = Selalu 4 1
2 = Sering 3 2
3 = Jarang 2 3
4 = Tidak pernah 1 4
Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah
Drs. H. MUSOLI HARIS AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke :10
Standard Kompetensi : Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar : Menu dasar Adobe Photoshop
Indikator : - Mampu mendeskripsikan setiap menu Adobe Photoshop
- Mampu menginstall dan merawat software Adobe Photoshop
- Mengganti background foto.
- Merubah ukuran foto/gambar, termasuk tata letak.
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
Menu yang terdapat didalamnya.
II. Materi Ajar :
- Pengertian Adobe Photoshop
- Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
- Lembar Kerja Adobe Photoshop
- Seleksi objek
- Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III. Metode Pembelajaran :
Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV. Langkah-langkah :
1.Kegiatan Awal
- Menginformasikan materi ajar
- Mencari referensi dari internet
2.Kegiatan Inti :
- Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
- Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
- Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
- Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V. Alat/ bahan/ Sumber Belajar :
- Modul Adobe Photoshop
- Internet (search engine)
Bahan
- Komputer
- LCD
- Papan tulis
VI. Penilaian
- Penilaian Individual
Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
Kelengkapan tugas praktikum
Hasil presentasi
Keaktifan dalam menanggapi presentasi
- Lembar penilaian
Aspek : Kognitif
Indikator : a. Mendiskripsikan pengertian Adobe Photoshop
t. Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
u. Memberikan contoh
Kelas : X
No. | Nama | No. Soal | Skor | Keterangan | ||
1 | 2 | 3 | ||||
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor maksimum
1 Jawaban kurang tepat 25
2 Jawaban lengkap tapi tidak benar 50
3 Jawaban tidak lengkap tapi benar 75
4 Jawaban lengkap dan benar 100
2.2 Penilaian Afektif
LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek : Afektif
Indikator : a. Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
t. Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
u. Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas : X
No | Aspek | Keterangan | |||
Sl | Sr | Jr | Tp | ||
1. | berusaha menyerahkan tepat waktu | ||||
2. | mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
3. | tidak mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
4. | merasa pelajaran ekonomi bermanfaat | ||||
5. | bersaha memahami pelajaran desain grafis | ||||
6. | bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas | ||||
7. | selalu mendiskusikan materi | ||||
8. | berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis | ||||
9. | berusaha mencari referensi di perpustakaan | ||||
10. | selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah | ||||
11. | selalu bertanya dalam diskusi | ||||
12. | selalu mengemukakan pendapat saat diskusi |
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor pernyataan positif Skor maksimum
1 = Selalu 4 1
2 = Sering 3 2
3 = Jarang 2 3
4 = Tidak pernah 1 4
Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah
Drs. H. MUSOLI HARIS AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke :14
Standard Kompetensi : Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar : Menu dasar Adobe Photoshop
Indikator : - Mampu mendeskripsikan setiap menu Adobe Photoshop
- Mampu menginstall dan merawat software Adobe Photoshop
- Mengganti background foto.
- Merubah ukuran foto/gambar, termasuk tata letak.
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
Menu yang terdapat didalamnya.
II. Materi Ajar :
- Pengertian Adobe Photoshop
- Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
- Lembar Kerja Adobe Photoshop
- Seleksi objek
- Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III. Metode Pembelajaran :
Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV. Langkah-langkah :
1.Kegiatan Awal
- Menginformasikan materi ajar
- Mencari referensi dari internet
2.Kegiatan Inti :
- Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
- Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
- Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
- Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V. Alat/ bahan/ Sumber Belajar :
- Modul Adobe Photoshop
- Internet (search engine)
Bahan
- Komputer
- LCD
- Papan tulis
VI. Penilaian
- Penilaian Individual
Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
Kelengkapan tugas praktikum
Hasil presentasi
Keaktifan dalam menanggapi presentasi
- Lembar penilaian
Aspek : Kognitif
Indikator : a. Mendiskripsikan pengertian Adobe Photoshop
ä. Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
ö. Memberikan contoh
Kelas : X
No. | Nama | No. Soal | Skor | Keterangan | ||
1 | 2 | 3 | ||||
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor maksimum
1 Jawaban kurang tepat 25
2 Jawaban lengkap tapi tidak benar 50
3 Jawaban tidak lengkap tapi benar 75
4 Jawaban lengkap dan benar 100
2.2 Penilaian Afektif
LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek : Afektif
Indikator : a. Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
ä. Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
ö. Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas : X
No | Aspek | Keterangan | |||
Sl | Sr | Jr | Tp | ||
1. | berusaha menyerahkan tepat waktu | ||||
2. | mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
3. | tidak mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
4. | merasa pelajaran ekonomi bermanfaat | ||||
5. | bersaha memahami pelajaran desain grafis | ||||
6. | bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas | ||||
7. | selalu mendiskusikan materi | ||||
8. | berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis | ||||
9. | berusaha mencari referensi di perpustakaan | ||||
10. | selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah | ||||
11. | selalu bertanya dalam diskusi | ||||
12. | selalu mengemukakan pendapat saat diskusi |
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor pernyataan positif Skor maksimum
1 = Selalu 4 1
2 = Sering 3 2
3 = Jarang 2 3
4 = Tidak pernah 1 4
Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah
Drs. H. MUSOLI HARIS AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke :15
Standard Kompetensi : Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar : Menu dasar Adobe Photoshop
Indikator : - Mampu mendeskripsikan setiap menu Adobe Photoshop
- Mampu menginstall dan merawat software Adobe Photoshop
- Mengganti background foto.
- Merubah ukuran foto/gambar, termasuk tata letak.
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
Menu yang terdapat didalamnya.
II. Materi Ajar :
- Pengertian Adobe Photoshop
- Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
- Lembar Kerja Adobe Photoshop
- Seleksi objek
- Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III. Metode Pembelajaran :
Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV. Langkah-langkah :
1.Kegiatan Awal
- Menginformasikan materi ajar
- Mencari referensi dari internet
2.Kegiatan Inti :
- Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
- Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
- Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
- Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V. Alat/ bahan/ Sumber Belajar :
- Modul Adobe Photoshop
- Internet (search engine)
Bahan
- Komputer
- LCD
- Papan tulis
VI. Penilaian
- Penilaian Individual
Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
Kelengkapan tugas praktikum
Hasil presentasi
Keaktifan dalam menanggapi presentasi
- Lembar penilaian
Aspek : Kognitif
Indikator : a. Mendiskripsikan pengertian Adobe Photoshop
aa.Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
bb.Memberikan contoh
Kelas : X
No. | Nama | No. Soal | Skor | Keterangan | ||
1 | 2 | 3 | ||||
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor maksimum
1 Jawaban kurang tepat 25
2 Jawaban lengkap tapi tidak benar 50
3 Jawaban tidak lengkap tapi benar 75
4 Jawaban lengkap dan benar 100
2.2 Penilaian Afektif
LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek : Afektif
Indikator : a. Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
aa.Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
bb.Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas : X
No | Aspek | Keterangan | |||
Sl | Sr | Jr | Tp | ||
1. | berusaha menyerahkan tepat waktu | ||||
2. | mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
3. | tidak mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
4. | merasa pelajaran ekonomi bermanfaat | ||||
5. | bersaha memahami pelajaran desain grafis | ||||
6. | bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas | ||||
7. | selalu mendiskusikan materi | ||||
8. | berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis | ||||
9. | berusaha mencari referensi di perpustakaan | ||||
10. | selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah | ||||
11. | selalu bertanya dalam diskusi | ||||
12. | selalu mengemukakan pendapat saat diskusi |
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor pernyataan positif Skor maksimum
1 = Selalu 4 1
2 = Sering 3 2
3 = Jarang 2 3
4 = Tidak pernah 1 4
Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah
Drs. H. MUSOLI HARIS AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke :16
Standard Kompetensi : Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar : Menu dasar Adobe Photoshop
Indikator : - Mampu mendeskripsikan setiap menu Adobe Photoshop
- Mampu menginstall dan merawat software Adobe Photoshop
- Mengganti background foto.
- Merubah ukuran foto/gambar, termasuk tata letak.
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
Menu yang terdapat didalamnya.
II. Materi Ajar :
- Pengertian Adobe Photoshop
- Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
- Lembar Kerja Adobe Photoshop
- Seleksi objek
- Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III. Metode Pembelajaran :
Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV. Langkah-langkah :
1.Kegiatan Awal
- Menginformasikan materi ajar
- Mencari referensi dari internet
2.Kegiatan Inti :
- Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
- Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
- Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
- Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V. Alat/ bahan/ Sumber Belajar :
- Modul Adobe Photoshop
- Internet (search engine)
Bahan
- Komputer
- LCD
- Papan tulis
VI. Penilaian
- Penilaian Individual
Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
Kelengkapan tugas praktikum
Hasil presentasi
Keaktifan dalam menanggapi presentasi
- Lembar penilaian
Aspek : Kognitif
Indikator : a. Mendiskripsikan pengertian Adobe Photoshop
cc. Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
dd.Memberikan contoh
Kelas : X
No. | Nama | No. Soal | Skor | Keterangan | ||
1 | 2 | 3 | ||||
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor maksimum
1 Jawaban kurang tepat 25
2 Jawaban lengkap tapi tidak benar 50
3 Jawaban tidak lengkap tapi benar 75
4 Jawaban lengkap dan benar 100
2.2 Penilaian Afektif
LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek : Afektif
Indikator : a. Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
cc. Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
dd.Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas : X
No | Aspek | Keterangan | |||
Sl | Sr | Jr | Tp | ||
1. | berusaha menyerahkan tepat waktu | ||||
2. | mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
3. | tidak mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
4. | merasa pelajaran ekonomi bermanfaat | ||||
5. | bersaha memahami pelajaran desain grafis | ||||
6. | bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas | ||||
7. | selalu mendiskusikan materi | ||||
8. | berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis | ||||
9. | berusaha mencari referensi di perpustakaan | ||||
10. | selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah | ||||
11. | selalu bertanya dalam diskusi | ||||
12. | selalu mengemukakan pendapat saat diskusi |
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor pernyataan positif Skor maksimum
1 = Selalu 4 1
2 = Sering 3 2
3 = Jarang 2 3
4 = Tidak pernah 1 4
Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah
Drs. H. MUSOLI HARIS AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : DESAIN GRAFIS
Kelas/Semester : DG1A, DG1B, DG1C, DG1D
Waktu : 2 X 40 menit
Pertemuan Ke :17
Standard Kompetensi : Editing Foto/Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop
Kompetensi Dasar : Menu dasar Adobe Photoshop
Indikator : - Mampu mendeskripsikan setiap menu Adobe Photoshop
- Mampu menginstall dan merawat software Adobe Photoshop
- Mengganti background foto.
- Merubah ukuran foto/gambar, termasuk tata letak.
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat memahami software Adobe Photoshop
Siswa mampu menggunakan software Adobe Photoshop dan memanfaatkan setiap
Menu yang terdapat didalamnya.
II. Materi Ajar :
- Pengertian Adobe Photoshop
- Cara Install Adobe Photoshop pada Komputer
- Lembar Kerja Adobe Photoshop
- Seleksi objek
- Merubah ukuran, memutar, merubah sudut pandang objek.
III. Metode Pembelajaran :
Cooperative learning, Praktikum, dan penugasan
IV. Langkah-langkah :
1.Kegiatan Awal
- Menginformasikan materi ajar
- Mencari referensi dari internet
2.Kegiatan Inti :
- Siswa mempraktikkan langsung di komputer sendiri-sendiri
- Guru membimbing langsung siswa persiswa, keliling kelas.
- Siswa mengirim pekerjaan ke Internet untuk dipelajari sesama teman.
3.Kegiatan penutup
- Guru memberikan kesimpulan dan penjelasan terakhir
V. Alat/ bahan/ Sumber Belajar :
- Modul Adobe Photoshop
- Internet (search engine)
Bahan
- Komputer
- LCD
- Papan tulis
VI. Penilaian
- Penilaian Individual
Penilaian dilakukan pada saat proses pembelajaran,
Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
Kelengkapan tugas praktikum
Hasil presentasi
Keaktifan dalam menanggapi presentasi
- Lembar penilaian
Aspek : Kognitif
Indikator : a. Mendiskripsikan pengertian Adobe Photoshop
ee.Mendiskripsikan apa saja menu-menu Adobe Photoshop
ff. Memberikan contoh
Kelas : X
No. | Nama | No. Soal | Skor | Keterangan | ||
1 | 2 | 3 | ||||
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor maksimum
1 Jawaban kurang tepat 25
2 Jawaban lengkap tapi tidak benar 50
3 Jawaban tidak lengkap tapi benar 75
4 Jawaban lengkap dan benar 100
2.2 Penilaian Afektif
LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek : Afektif
Indikator : a. Menjelaskan menu-menu Adobe Photoshop
ee.Mempraktikkan apa yang disampaikan guru
ff. Membuat sebuah produk desain grafis yang baik
Kelas : X
No | Aspek | Keterangan | |||
Sl | Sr | Jr | Tp | ||
1. | berusaha menyerahkan tepat waktu | ||||
2. | mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
3. | tidak mengikuti pelajaran desain grafis | ||||
4. | merasa pelajaran ekonomi bermanfaat | ||||
5. | bersaha memahami pelajaran desain grafis | ||||
6. | bertanya pada guru bila ada yang tidak jelas | ||||
7. | selalu mendiskusikan materi | ||||
8. | berusaha memiliki buku pelajaran desain grafis | ||||
9. | berusaha mencari referensi di perpustakaan | ||||
10. | selalu mengerjakan soal-soal latihan di rumah | ||||
11. | selalu bertanya dalam diskusi | ||||
12. | selalu mengemukakan pendapat saat diskusi |
Keterangan:
Aspek yang dinilai Skor pernyataan positif Skor maksimum
1 = Selalu 4 1
2 = Sering 3 2
3 = Jarang 2 3
4 = Tidak pernah 1 4
Kepanjen, 11 JULI 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala Sekolah
Drs. H. MUSOLI HARIS AN ARIZAL FIRMANSYAH
NIP. 19601113 198803 1 006
0 komentar:
Posting Komentar